Sabtu, 22 September 2012

pengertian mouse dan cara kerja

Mouse
mouse adalah alat yang digunakan untuk memasukkan data ke dalam komputer selain keyboard.mouse memperoleh nama demikian karena kabel yang menjulur berbentuk seperti ekor tikus.

Pertama kali dibuat pada tahun 1963 oleh Douglas Engelbart berbahan kayu dengan satu tombol.Pada tahun 1970,Douglas Engelbart memperkenalkan mouse komputer yang dapat mengetahui posisi X-Y pada layar komputer,mouse ini dikenal dengan nama X-Y Position Indicator
(indikator posisi X-Y) .


Cara kerja:
Pada dasarnya, penunjuk (pointer) yang dikenal dengan sebutan “Mouse” dapat digerakkan kemana saja berdasarkan arah gerakan bola kecil yang terdapat dalam mouse. Jika membuka dan mengeluarkan bola kecil yang terdapat di belakang mouse, maka akan terlihat 2 pengendali gerak di dalamnya. Kedua pengendali gerak tersebut dapat bergerak bebas dan mengendalikan pergerakan penunjuk, yang satu searah horisontal (mendatar) dan satu lagi vertikal (atas dan bawah).  

Jika  hanya menggerakkan pengendali horisontal maka penunjuk hanya akan bergerak secara horisontal saja pada layar monitor komputer. Dan sebaliknya jika penunjuk vertikal yang digerakkan, maka penunjuk (pointer) hanya bergerak secara vertikal saja dilayar monitor. Jika keduanya  gerakkan maka gerakan penunjuk (pointer) akan menjadi diagonal. jika bola kecil dimasukkan kembali, maka bola itu akan menyentuh dan menggerakkan kedua pengendali gerak tersebut sesuai dengan arah mouse yang kita gerakkan.  
                

Tidak ada komentar:

Posting Komentar